Es Mambo Coklat

Photo

Bahan-bahan

  • 1 bks nutrijell coklat
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sachet SKM
  • 1,5 liter air

Langkah

  • Campurkan nutrijell, gula pasir dan tepung maizena dalam wadah, aduk sampai rata
  • Masukkan air kedalam campuran dan aduk sampai rata, masak hingga mendidih
  • Tambahkan SKM
  • Hilangkan uap panas, biarkan dingin kurang lebih 1 jam, setelah dingin masukkan ke dalam plastik es dan simpan dalam freezer sampai membeku
Advertisements

Es mambo kacang ijo

Photo

Bahan-bahan

  • 250 gr kacang ijo mentah
  • 2 bungkus santan instan kara
  • 1 sachet susu kental manis
  • 3 biji gula merah secukupnya gula garam dan vanili
  • 1,5 lt air
  • 1 ruas jahe
  • 2 helai daun pandan

Langkah

  • Rebus kacang ijo yg sudah direndam semalaman sebelumnya
  • Setelah mulai empuk, tambahkan gula merah,garam,vanili,SKM, jahe dan daun pandan sampai wangi.
  • Masukan terakhir santan agar tidak pecah waktu dimasak.
  • Koreksi rasa. Jika kurang manis bisa ditambahkan gula.
  • Setelah dingin bisa lsg masukkan ke plastik es mambo,ikat lalu bekukan. Kalau mau tinggal ambil dikulkas deh..

Es Mambo Kelapa Dan Kelapa Pandan

Photo
Ini es mambo versi kelapa pesanan suami. Daripada jajan es lilin yang tidak jelas bahannya, mending buat sen…selengkapnya

Bahan-bahan

  • 1 Liter susu UHT vanilla
  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • 4 kaleng air kelapa (kira kira dari 2 butir kelapa)
  • 4 sdm maizena
  • 0,5-1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir. Tidak perlu ditambahkan bila dirasa sudah cukup manis
  • Pasta vanili. Optional. Saya pakai untuk mengurangi aroma susu
  • Pasta pandan. Saya gunakan pasta pandan buatan sendiri dari daun pandan
    Isian : daging kelapa muda. Potong korek api. Masukkan ke dalam plastik es

Langkah

  • Ambil sedikit air kelapa untuk melarutkan maizena
  • Campur semua bahan kecuali daging kelapa dan pasta pandan
  • Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Kecilkan api dulu. Tuang separuh ke wadah lain. Sisihkan
  • Separuh yang masih dipanci di beri perasa pandan dan pewarna hijau bila perlu. Aduk.
  • Matikan api. Aduk sesekali semuanya untuk mengurangi uap panas, mencegah timbul lapisan di permukaan, dan mempercepat pendinginan
  • Tuang ke plastik es yang sudah berisi daging kelapa. Ikat. Masukkan freezer.

Es Mambo Coklat Susu

Resep nya masih sama dgn resep es mambo saya sebelumnya di awal2 jadi member Cookpad😉. Dulu kalo bikin yg rasa coklat, saya cukup pake pasta. Tapi ternyata kata anak saya ga enak, asin katanya…loh? Kok bisa? padahal ga pk garam…hehehe…ada2 aja. Akhirnya kalo bikin yg rasa coklat ya pake resep ini. Jangan dikasih garam ya 😉 Bisa buat jualan juga loh….harga 1000-an masih dapat untung. Tapi kalo saya sih buat konsumsi sendiri…daripada anak jajan es di luar

Photo

Bahan-bahan

  • 1 liter air
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sachet susu kental manis coklat dilarutkan
  • 4 sdm tepung kanji
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 100 ml air biasa

Langkah

  • Campur semua bahan ke dalam panci perebus. Aduk dulu hingga rata. Baru kemudian panaskan diatas api sedang sambil di aduk terus menerus sampai mengental
  • Dinginkan dulu.
  • Langsung di bungkus…dan di ikat yang kuat..Plastik pake ukuran 4×18 cm jadi 18 buah kadang dapt 19 buah….
  • Simpan di frezeer hingga beku.

Es mambo malay simple

Photo

Mau ikutan yg lagi booming es mambo malaysia, tp sy siapin bahannya yg simple aja n ga pakai takaran, dirasa saja

Bahan-bahan

  • 1 kaleng SKM (frisian flag)
  • 2 sachet susu bubuk putih (Dancow)
  • 10 pc pasta coklat (Gery / Choki2)
  • 1 bungkus kecil nutrijell merah
  • 1 bungkus kecil nutrijell hijau
  • secukupnya Air matang

Langkah

  • Buat masing2 nutrijel sesuai petunjuk, klo sy ga usah terlalu manis. Kalo sudah dingin potong dadu, utk isian
  • Campur semua susu dan tambahkan air, dirasa manisnya
  • Masukkan separu choki2 kedalam kantong plastik es, ditekan2 agar nempel didinding, lalu masukkan nutrijel campur, isi cairan susu, ikat, masukkan ke kulkas
    Taraa manisnya es mambo malay

Es mambo si unyil

Photo

 Lagi pengen makan es mambo yang aman dari bahan pewarna kain…jadilah iseng2 buat dengan modal resep nemu di masakkue.com ( Thanks yaa masakkue.com ) dan modifikasi sedikit ,..heheheheeee

Bahan-bahan

  • 4 sdm Tepung Maizena
  • 3 sdm Coklat bubuk
  • 12 sdm Susu kental Manis
  • secukupnya Gula Pasir
  • 1 L air putih

Langkah

  • siapkan panci, campurkan tepung maizena , coklat bubuk semua di aduk sampai rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk …kemudian masukan susu kental manis dan gula pasir
  • Didihkan adonan es mambo diatas api sedang sambil di aduk aduk hingga mendidih…
  • Angkat dan dinginkan sebentar… setelah dingin kemudian mulai mengemas ke dalam plastik es si unyil pelajar setelah adonan habis menjadi 12 bungkus..kemudian masukan kedalam frezer…..selamat menikmati es mambo jika sudah beku …
  • noted : untuk varian rasa bisa sesuka hati…di campur dgn daging buah durian atau stroberry, atau mangga akan lebih nikmat lagi …selamat mencoba..dan jangan lupa hasil recook dan kreasi bisa di tampilkan yaaa…

Es Mambo Susu

Photo

 Lumayan untuk menghilangkan dahaga ditengah cuaca yang belakangan ini terik nian…anak-anak suka karena pak…selengkapnya

Bahan-bahan

  • 1 liter Air Matang
  • 3 sendok makan Susu Kental Manis
  • 200 gram Gula Pasir
  • 3 sendok makan Tepung Kanji
  • 1 sendok makan Pasta Strawberry

Langkah

  • Larutkan susu kental manis dengan air matang. Tambahkan gula pasir. Kemudian panaskan diatas api sampai beruap dan gula larut. Angkat dari kompor.
  • Sementara itu, tepung kanji dilarutkan dengan air dingin matang.
  • Campurkan larutan kanji dengan susu panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga larutan susu mulai mengental.
  • Tambahkan pasta (kebetulan kali ini saya pake pasta strawberry; rasa pasta tentu bisa diganti sesuai selera). Aduk-aduk sampai tercampur rata.
  • Siapkan plastik es mambo ukuran 15×5 cm sebanyak 14 buah.
  • Siapkan pula tali rafia atau karet gelang untuk mengikat plastik es nya.
  • Isi plastik es dengan adonan hingga 3/4 nya. Ikat yang kuat menggunakan tali rafia atau karet gelang.
  • Bekukan semalaman didalam frezeer.

Es Mambo Rujak

Photo

 Es rujak selalu ngangenin, dari jaman sekolahan sampai sekarang, gak bikin bosan…

Bahan-bahan

  • 1 buah mentimun
  • 1/4 buah nenas
  • 1/4 buah pepaya mengkal
  • air matang secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula merah cair (optional) secukupnya
  • cabe rawit

Langkah

  • Serut kasar timun, nenas dan pepaya.
  • Pindahkan hasil serutan kedalam wadah yang lebih besar. Tambahkan air, gula dan garam. Tes rasa.
  • Cabe rawit dicincang halus atau digiling, larutkan kedalam air serutan buahnya.
  • Siap untuk dimasukkan ke dalam plastik es. Bisa juga dimasukkan ke cetakan es loli kalau ada. Setelah selesai masukkan es rujaknya kedalam freezer sampai beku.
  • Siap dinikmati.