Resep Tumis Kangkung Terasi Enak & Sedap

Untuk Anda dan keluarga yang sangat menyukai sayuran, sepertinya resep tumis kangkung ini cocok untuk disajikan dimeja makan keluarga. Resep cah kangkung ada banyak, salah satu resep favorit yang bisa anda coba adalah tumis kangkung terasi.

Masakan ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Masakan ini  sangat nikmat, mudah sekaligus murah meriah. Tidak sabar ingin memasak?

Silahkan lihat resep tumis kangkung terasi berikut ini…

tumiskangkungterasi

Bahan:

  • 1 ikat kangkung
  • 1 lombok merah besar
  • lombok merah kecil (cabe rawit) sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Saus tiram ± 3 sdm
  • Lengkuas 1/3 ruas jari
  • Sedikit garam
  • Gula aren/gula pasir secukupnya
  • Terasi
  • Tomat
  • Mentega / minyak

Cara Memasak Tumis Kangkung:

  1. Siapkan adalah kangkung yang telah dibersihkan dan di petik daunnya.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih, tomat dan cabai
  3. Panaskan mentega atau minyak di atas penggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  4. Masukan cabai , terasi, dan lengkuas segera lingkarkan saus tiram di pinggir2 bumbu yang sedang ditumis, bukan langsung ke bumbunya.
  5. Setelah itu masukan kangkung yang telah di cuci, jangan ditambahkan air. usahakan jangan menambahkan air ketika menumis sayuran. karena sebenarnya air akan keluar sendiri dari kangkung yang dicuci. akali dengan mengecilkan api.
  6. Setelah matang/atau hampir matang masukan garam dan gula. tahap terakhir ini usahakan untuk mencicipi dahulu kuahnya. karena biasanya terasi dan saus tiram sendiri sudah asin.
  7. Masukan tomat dan siap di hidangkan hangat-hangat.

Ternyata menu masakan yang nikmat tidak harus mahal kan Bunda, dengan harga kangkung yang murah Bunda bisa menyajikan masakan yang nikmat untuk keluarga. Tetapi katanya kangkung juga bisa bikin orang ngantuk loh, jadi sebaiknya jangan di makan pada waktu jam kerja yah.

Resep Tumis Soun Cabai Hijau

TumisSounCabaiHijau

Bahan:

  • 75 ml santan cair
  • 100 gr keju cheddar, parut
  • 50 gr bihun, rebus, tiriskan, potong-potong
  • 400 gr fillet ikan mujair, potong 10x 7 cm
  • ½ butir jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 butir telur

Pelapis (aduk rata):

  • 100 gr tepung panko/panir kasar
  • 1 batang seledri, cincang halus
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Panaskan santan hingga mulai mendidih, angkat. Masukkan keju parut, aduk hingga keju parut. Tambahkan bihun, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Belah ikan menjadi 2 bagian tidak putus. Lumuri dengan air jeruk nipis, biarkan selama 10 menit. Bilas.
  3. Isi fillet ikan dengan bihun, rekatkan dengan putih telur. Celupkan ikan ke dalam telur kocok. Gulingkan ke atas pelapis. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan. Angkat.

Cara Membuat Tumis Mie Telor

Tumis mie telor atau mie telur goreng bisa jadi sebuah menu yang wajib dihadirkan pada saat seseorang bertambah usia atau berulang tahun. Menu pokok ini seringkali dibeli di restoran terkenal yang menyajikan menu andalan tumis mie telor mereka. Namun, apa salahnya mencoba menyajikan menu tumis mie telor andalan anda sendiri?

Hal yang menarik dalam membuat tumis mie telur adalah anda bebas menambahkan bumbu dan bahan apa saja yang ingin anda tambahkan. Misalnya anda ingin memakai daging sapi, bakso, udang, cumi, tauge, sawi, telur puyuh, atau apapun, maka anda bebas menambahkannya ke dalam penyajian menu tumis mie telor ini.

tumismietelor
Bahan :

  • 1 liter air
  • 200 gram mie telur kering
  • 1 ikat sawi hijau yang dipotong-potong
  • Tauge secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • 100 gram udang yang sudah dikupas
  • 6 butir bakso ikan yang sudah dipotong-potong
  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 2 butir telur ayam kocok
  • 2 tangkai daun bawang diiris memanjang
  • 100 gram daging sapi dipotong kecil
  • 1 sendok makan saus tiram

Cara Membuat :

  1. Didihkan air lalu masukkan mie telor dan rebus hingga setengah matang. Tiriskan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan telor ayam kocok. Tumis hingga matang.
  3. Tambahkan daging sapi, bakso ikan dan juga udang yang sudah dikupas dari kulitnya. Aduk hingga daging berubah warna menjadi kecokelatan.
  4. Masukkan kecap manis, daun bawang, saus tiram, merica, gula, dan juga garam.
  5. Kecilkan api, tambahkan mie telor yang sudah direbus. Aduk hingga rata.
  6. Tuang sedikit air lalu masukkan sawi hijau dan juga tauge.
  7. Aduk hingga matang.
  8. Tumis mie telor telah siap disajikan dan memeriahkan acara anda.

Cara Membuat Kaldu Bening Yang Enak

Pernah tidak teman2 masak sup..pakai daging ayam atau daging sapi..tapi malah amis supnya..?..Kalau hal itu terjadi..pasti karena daging ayam atau sapinya langsung di masukin ..nggak di bikin kaldu dulu…^^. Cara yang benar adalah..daging ayam atau sapi kita buat kaldu dulu terpisah, baru di buat untuk bikin sup atau soto..dll. Nah..biar rasa kaldu kita makin mantap..yukk..kita belajar sama2 cara bikin kaldu yang benar..semoga bermanfaat..!
Ada empat jenis kaldu yang populer: kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, dan kaldu sayuran yang bisa di pakai untuk berbagai jenis masakan yang berbeda2. Sajian ala Eropa misalnya, bisa memakai kaldu jernih atau brown stock yang dibuat dari tulang sapi yang dipanggang terlebih dahulu hingga mengeluarkan aroma gosong, lalu direbus bersama rempah bawang bombay, peterseli, dan bay leaf yang dibungkus kain tipis. Kadang-kadang ke dalam kaldu dimasukkan juga campuran sayuran dari wortel, seledri besar, dan daun bawang supaya lebih enak dan gurih kaldunya.
Berbeda lagi untuk Cina, umumnya bawang putih, jahe, dan daun bawang dijadikan rempah pendamping untuk kaldu ayam. Aroma kaldu pun menjadi lebih tajam. Sedangkan di Jepang, kaldu ikan dicampur bersama daun bawang untuk membuat sup miso. Kalaudi Indonesia, kaldu di campur aneka rempah beraroma kuat seperti serai, lengkuas, salam, dan daun bawang, jadi dech soto ayam atau daging…^^ Sedangkan merica, pala, daun bawang, dan seledri lebih diandalkan untuk kaldu sup ayam, daging, dan sayuran.Kaldu digunakan dalam masakan untuk menambah dan memperkuat rasa. Kaldu merupakan dasar dari aneka hidangan seperti sup, dressing, dan aneka saus. Kaldu ini diperoleh dari sari  bahan utama dan rempah yang direbus dalam waktu berjam-jam.
Supaya kaldu jernih, rempah dibungkus kain tipis sebelum dicelupkan ke dalam air. Bahan dan rempah direbus dalam kondisi panci tertutup untuk menghindari uap yang berlebih, karena akan membuat rasa dan aroma kaldu berkurang. Proses mendidihkan kaldu menggunakan api kecil selama 1-3 jam untuk mengekstrak segala sari dari tulang dan daging. Selama perebusan, sesekali dilakukan teknik *skimming*, yaitu menyerok lemak dan rempah yang mengambang di permukaan, supaya warna kaldu tidak keruh
Meski kaldu alami terbukti lebih enak, bukan berarti kita pantang menggunakan kaldu instan. Kaldu instan punya rasa gurih yang khas. Asal, sesuaikan takaran pemakaian, jangan berlebih karena akan menyamarkan rasa asli masakan malahan.
Cara membuat kaldu yang  bening dan enak :
  • Waktu yang dipergunakan untuk memasak kaldu antara 1-3 jam, di masak dengan sistem slow cooking, dengan api kecil, karen ajika api besar sari kaldu di tulang tidak akan bisa keluar karena tulangnya sudah matang duluan. Selain itu sumsum dan sisa darah akan terlepas dari tulang (jika kaldu dibuat dari tulang sapi/ ayam). Akibatnya, kuah jadi keruh dan amis,
  • Jika kaldu tampak kotor (ada sisa darah, lemak, dan lainnya), misal untuk kaldu iga, buntut dan daging berlemak lain, bisa di blansir dahulu, jadi di rebus sampai mendidih, kemudian air rebusannya di buang. Lalu rebus kembali daging dengan api kecil , sampai keluar kaldunya.
  • Bila muncul busa pada rebusan kaldu, angkat busanya, lalu buang.
  • Jangan masukkan tulang mentah ke dalam air kaldu yang sudah panas/ mendidih.
  • Jangan mencampur kaldu yang sudah jadi dengan air yang tidak mendidih. Risikonya, kaldu akan mudah basi dan rasanya akan berubah.
  • Cara praktis membuang lemak di kaldu adalah dengan menaruh kaldu yang sudah jadi di kulkas..nanti lapisan lemak akan membeku dan mengumpul di atas..jadi tingal kita ambil atau buang saja..jadilah kaldu yang bening yang tersisa.
Tips:
1. Kaldu seharusnya tidak berbau amis. Untuk menghilangkan bau amis, bisa ditambahkan bahan-bahan lain seperti daun bawang, daun seledri, atau kulit wortel, kentang, bawang bombay saat membuat kaldu.
2. Air kaldunya tidak berlemak.
3. Warna kaldu bening atau tidak butek / keruh.

Tips Membuat Mie Ayam Yang Enak

Maaf ya teman-teman..belum sempat buat menu baru nich hari ini..karena kesibukan. Makan sore sekaligus makan malam kami..mie ayam aja tadi..hihi. Resep mie ayam  sudah pernah aku posting..jadi sekarang mau mengulas tips membuat mie ayam aja ya..semoga bermanfaat buat teman-teman..terutama buat teman-teman *newbie* di dunia perdapuran.
Mie ayam..makanan favorit sejuta umat..hihi..dari anak kecil hingga orang tua, banyak yang suka. Mie ayam mudah di temui di mana saja ya teman-teman..banyak yang jual..mau di warung-warung kaki lima..di restoran hingga di pedagang keliling. Tapi akan lebih enak lho..jika kita membuat sendiri di rumah. Susah..ribet ?..Nggak kok..asal niat nggak ada yang susah di dapur itu teman-teman. Aku kasih sedikit tips nya ya..biar bisa bikin mie ayam yang enak ala abang-abang atau ala resto.
Jadi pada dasarnya..mie ayam..yamie ayam..itu hampir sama ya. Kalau mie ayam itu identik dengan mie ala abang-abang atau warung kaki lima. Kalau Yamie ayam itu mie toping ayam ala resto-resto atau chinese food. Bedanya apa..?..Kalau mie ayam ala abang-abang tuch topingnya ayam kecap manis..kalau yang versi yamie..topingnya lebih gurih. Suka yang mana ?..sesuaikan selera saja ya. Kalau aku karena wong Jowo..yang tentu saja..suka mie ayam yang toping ayamnya manis..seperti ayam semur.
Toping ayam tumis untuk mie ayam pun banyak versi..ada yang ayamnya di ungkep hingga lama seperti ayam ungkep bacem yang manis gurih..ada juga yang sekedar di tumis kasih kecap..dll. Aku pernah buat yang versi bumbu lengkap ya semurnya yang di ungkep lama, dan pakai ceker juga..resepnya tuch di SINI ya. Kalau yang di foto itu ayamnya di tumis aja sebentar..pakai bawang dan jahe..jadi lebih praktis dan cepat. Pakainya ayam yang udah di rebus..jadi hemat waktu menumisnya..nggak perlu di ungkep.
Oke dech..ini dia tips membuat mie ayam yang enak ya teman-teman..
  • Pilihlah mie untuk mie ayam itu mie yang pulen, sehingga lebih enak. Jika mau buat mie sendiri lebih bagus. Resep mie telur homemade sudah pernah ku posting di SINI ya.
  • Untuk membuat kuah mie ayam..gunakan kaldu ayam bening hingga hasilnya segar dan nggak amis, cara membuat kaldu ayam liat di SINI ya.
  • Jika keluarga di rumah suka mie ayam dan sering membuatnya, lebih banget ungkep tumisan ayam  banyak sekalian, hemat waktu, tenaga dan akan semakin meresap bumbunya. Simpan tumisan ayam di freezer di wadah tertutup sekali pakai, jadi jika mau buat mie ayam , nggak perlu numis ayam lagi.
  • Tapi jika cuma mau buat sedikit porsi tumisan ayam..pakai saja cara yang di tumis sebentar, yaitu pakai ayam yang di rebus dan di potong-potong kecil, jadi lebih cepat menumisnya, karena ayam sudah matang.
  • Beri jahe di tumisan ayam,  agar ketika bercampur kuah aroma kuahnya akan lebih segar.
  • Jika suka, daging ayam bisa di ganti ceker ayam, tapi agar  ceker empuk, harus di ungkep agak lama hingga bumbu meresap.
  • Sebagai campuran tumisan ayam, bisa juga di tambahkan jamur. Bisa jamur merang, jamur kancing dll..sesuai selera..atau jamur tiram juga enak untuk campuran mie ayam ini.
  • Untuk sayurannya..pilih sawi hijau kecil-kecil yang biasa khusus untuk mie ayam, agar lebih mudah matang  ketika di masukkan ke air panas sebentar dan nggak langu aromanya. Jangan di masak kelamaan ya..sayurnya agar masih teras kres enak dan berwarna hijau cantik..sayurannya..cukup di celup-celup ke air mendidih bareng sama mienya.
  • Taburkan daun bawang terakhir ketika akan di sajikan. Aroma daun bawang yang khas akan menambah aroma dan citarasa mie ayam makin enak.
  • Agar lebih komplet gizinya, bisa juga di tambahkan bakso atau pangsit untuk mie ayam. Cara membuat bakso, pangsit..semua juga udah ada di web ini ya…silahkan di search saja.
  • Walaupun mie untuk mie ayam  sudah matang, sebelum di sajikan..masukkan dulu ke air mendidih seperti di abang-abang mie ayam itu..lalu tiriskan di mangkuk saji, baru di tuangi kuah. Agar kuah tetap panas ketika di sajikan. Jika mienya sudah dingin, jika di tuang kuah panas, makan akan cepat jadi dingin dan kurang nikmat rasanya.
  • Agar mie ayam lebih sedap, tambahkan minyak ayam. Tau kan teman-teman..kalau beli mie ayam di abang-abang keliling itu terakhir penyajiannya selalu di tambahkan minyak khusus dari botol yang dalamnya ada bawangnya. Nah itu lah minyak ayam. Cara membuatnya dengan memanaskan kulit ayam dan air hingga keluar minyaknya. Jadi kulit ayam di ungkep hingga air habis..dan terus saja di panaskan dengan api kecil, nanti akan keluar minyak ayamnya.Tinggal di tambah bawang putih geprek yang di tumis, sama merica. Tapi jika mau lebih cepat..ada satu cara membuat minyak ayamnya..yaitu pakai lemak ayam atau gajih ayam yang berwarna putih yang nempel di daging-daging ayam itu lho teman-teman. Bisa di beli di pasar di tukang jualan ayam Kalau gajih itu di panaskan sebentar saja ..langsung jadi minyak..hihi..kan namanya juga lemak…biasanya abang-abang mie ayam pada pakai lemak ayam itu untuk minyak ayam…karena hasil minyaknya jadi lebih banyak memang di banding kulit ayam saja.
Oke dech segitu dulu ya..sedikit tips untuk membuat mie ayam di rumah teman-teman..resep cara membuat mie ayam homemade sudah ada di link-link yang aku kasih di atas ya..di klik saja ya. Atau mau berwirausaha mie ayam..bisa banget tuch..sudah aku kasih resepnya ya…dari kuah..toping, pangsit..bakso..semua ada kok resepnya di web ini yang belum lama ku posting ada juga..mie ayam ceker. Jadi silahkan di search aja ya di pojok kanan paling  atas teman-teman ( kotak search ). Ketik judul resep yang di cari,  misal *Resep Mie Ayam*, lalu klik search, nanti akan muncul resep-resep yang terkait dengan mie ayam, tinggal di klik dech. Mudah kan..cari resep di web ini teman-teman. Selamat memasak..!

Mie Ayam Ceker

Bahan :
200 gram mie kering/ mie basah
100 gram ayam rebus, potong2 kecil ( aku cuma punya 2 sayap tadi..lumayan lah..walau dikit ada juga dagingnya..hihi )
500 gram ceker ayam
5 lembar sawi hijau
2 batang daun bawang
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis dan saus sambal atau tomat untuk pelengkap secukupnya
Bahan Kuah :
800 ml kaldu ayam , dari ceker ayamnya yang di rebus dulu dengan api kecil 1 jam sampai keluar kaldu beningnya
2 siung bawang putih, geprek hingga remuk
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam sesuai selera, kaldu bubuk sedikit..jika suka
Bumbu halus ceker kecap :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri ( optional..bisa pakai..bisa..nggak )
1/2 sendok teh merica  butiran
Jahe 2 cm, geprek
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kecap 4 sendok makan
Garam secukupnya, air 300 ml
Cara membuat :
Ceker kecap : Tumis bumbu halus dan jahe geprek hingga harum, masukkan ceker ayam , daging ayam air dan bumbu2 lain.
Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah menyusut. Sisihkan.
Kuah : Panaskan 1 sendok makan minyak ayam ( jika pakai, jika tidak..ya pakai minyak biasa. Kalau mau tau cara membuat minyak ayam..klik di sini ).
Tumis bawang putih geprek hingga harum, masukkan air kaldu, dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.Koreksi rasa.
Penyajian : Masak air hingga mendidih, masukkan mie, rebus sampai matang, lalu masukkan sawi hijau, rebus sampai matang. Lalu saring mie dan sawi. Tuang ke dalam mangkuk, beri tumisan ayam, ceker daun bawang, bawang merah, lalu tuangi kuah mie ayam. Sajikan dengan kecap dan saus dan sambal rawit jika suka. Selamat mencoba..

Kulit Ayam Di Buang Sayang…..

Kulit ayam..kadang kita anggap sepele ya teman2..tapi ternyata..kandungan gizinya juga banyak lho teman2..apalagi buat anak2 yang masih dalam masa pertumbuhan. Kalau buat orang tua..asal tidak berlebihan ya tidak apa2 kok mengkonsumsi kulit ayam ini. Kulit ayam ini biasanya di olah menjadi kulit ayam tepung krispi atau campuran bahan dalam pembautan siomay..dll. Nah..biar teman2 tidak ragu untuk menyajikan olahan kulit ayam buat keluarga tercinta..ini aku kasih sedikit info ya..tentang kulit ayam ini. Aku pernah baca di tabloid yang di ulas oleh salah seoarang ahli gizi ( Dra. Emma S Wirakusumah, Msc , yang pernah di muat di tabloid Koki )..ini dia kandungan gizi pada kulit ayam :
  • Kandungan kalori kulit ayam paling tinggi di banding bagian ayam yang lain
  • Proteinnya cukup tinggi, yaitu 22,2 % per 100 gram
  • Total lemaknya mencapai  41,9 gram berarti hampir setengah kulit ayam terdiri dari lemak
  • Komposisi lemak pada kulit ayam, selain lemak  jenuh, ada juga kandungan lemak tidak jenuhnya / lemak baiknya yang lebih tinggi jumlahnya di bandingkan lemak jahatnya.
  • Kulit ayam dapat meningkatkan nafsu makan anak, karena rasanya yang gurih.
  • Kulit ayam bisa di gunakan untuk penyedap, misal dalam pembuatan dim sum dll.
  • Kulit ayam bisa di olah menjadi minyak ayam yang berguna untuk penyedap masakan, misal untuk nasi goreng, mie goreng atau mie ayam
Cara membuat Minyak Ayam
Oke..kali ini aku kasih tau cara membuat minyak ayam ya..caranya gampang..cukup panaskan saja kulit ayam di atas api kecil sampai keluar minyaknya. Saring dan simpan minyak ayam dalam botol. Atau jika kulit ayamnya sekalian mau di konsumsi..bisa juga di buat olahan bacem kulit ayam dulu, di ungkep dengan api kecil sampai kulit ayam empuk dan air mengering..nanti akan keluar minyak ayamnya juga..jadi hasil sampingannya selain kulit ayam bacem..kita dapat bonus minyak ayamnya ini. Resep bacem kulit ayam..liat di postinganku sebelumnya..di sini ya. Selamat mencoba..^^

Sate Ayam Rebus Ala Warung Soto

Cara membuat sate ini cukup mudah..
Setelah ayam di rebus kuah soto, angkat, lalu potong-potong kecil agak lebar-lebar. Tusuki dengan tusukan sate, sisihkan. Selanjutnya siapkan kuah soto secukupnya, masukkan sate dan kecap manis secukupnya. Lalu rebus kebali hingga bumbu meresap ke dalam sate. Koreksi rasa. Sudah..matang..gitu aja kok cara masaknya. Sajikan sate ini dengan sedikit kuah..jadi kalau makan sambil di celup-celup kuahnya. Mudah kan..!
Sate rebus ini ada berbagai versi..ada yang berwarna putih bercitarasa gurih aja..berarti nggak pakai kecap. Ada juga yang kecoklatan rasanya gurih manis. Kalau agak kecoklatan itu di tambah kecap sesuai selera. Kalau aku suka agak manis…jadi pasti aku kasih kecap…kalau buat sate rebus seperti ini. Mau coba teman-teman ?..Silahkan. Resep sotonya..bisa pakai resep soto apa aja ya..soto kuning bisa..dll..silahkan di search di webku ini..banyak resep soto.
Oke..happy weekend teman-teman…!

Cara Membuat Resep Sambal Cabai Hijau Lezat

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

  • 5 buah cabai hijau keriting, digoreng
  • 25 buah cabai rawait hijau, digoreng
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, digoreng
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 2 cm lengkuas
  • 1 batang sereh, diambil bagian putihnya
  • 1/4 sendok teh ketumbar sangrai
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml air
  • 100 ml minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

  1. Haluskan cabai hijau keriting, cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, sereh, dan ketumbar.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan kaldu ayam bubuk, garam, dan air. Masak di atas api kecil sampai matang.

Catat semua yang anda butuhkan dan beli semuanya setelah itu persiapkan alat daput untuk membuatSambal Cabai Hijau, setelah siap saji coba anda sarankan kepada salah satu keluarga atau teman terdekat untuk mencobanya menu yang baru anda buat apakah sudah memiliki cita rasa yang sempurna atau masih ada yang kurang.

advertisements

Resep Ayam Sambal Ijo Padang Beserta Tips Cara Membuatnya

Resep ayam sambal ijo spesial

Bahan Resep Ayam Sambal Ijo Enak Lezat

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam segar ukuran sedang. Potong menjadi sekitar 12 bagian lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Bawang merah yang sudah di iris tipis-tipis kurang lebih sebanyak 5 siung saja.
  3. Air jeruk nipis kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  4. Minyak goreng secukupnya.

Bahan Bumbu Ayam cabai Hijau

  1. Buah cabai hijau pedas (keriting) sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja.
  2. Bawang merah kurang lebih sebanyak 10 siung saja.
  3. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 ruas jari saja.
  4. Kunyit sedikit saja atau kurang lebih sepanjang 1 cm saja.
  5. Bawang putih kurang lebih sebanyak 6 pcs saja.
  6. Kemiri kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  7. Jahe kurang lebih sepanjang 2 ruas jari juga.
  8. Biji pala kurang lebih sebanyak 1/2 pcs saja.
  9. Batang serai yang diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 1 pcs saja.
  10. Ketumbar kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  11. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  12. Daun kunyit kurang lebih sebanyak 1 lembar saja.
  13. Daun jeruk supaya aromanya lebih segar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4-5 lembar saja.
  14. Air jeruk nipis kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  15. Garam dapur secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Ayam Sambal Ijo Lado Mudo yang Cepat dan Mudah

  1. Setelah dicuci bersih, ayam dilumuri dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan garam secukupnya sampai semua bagian tertutupi rata.
  2. Masukkan ke dalam lemari pendingin kurang lebih selama 1/2 jam supaya terjaga kesegaran ayamnya dan meresap, kemudian cuci bersih dengan air mengalir dan tiriskan.
  3. Haluskan berbagai macam bumbu ayam cabai ijonya, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan yang lainnya sampai halus (kecuali batang serai, daun jeruk, daun salam dan daun kunyit).
  4. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak secukupnya (kurang lebih sebanyak 220 ml saja).
  5. Masukkan irisan 5 siung bawang merah kemudian aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum khas bawangnya.
  6. Tuang bumbu yang sudah dihaluskan di langkah ke 3 kedalam penggorengan dan aduk aduk supaya tercampu rata.
  7. Masukkan daun salam, daun kunyit, batang serai yang sudah dimemarkan dan daun jeruknya kemudian aduk-aduk sampai tercium bau harum dan minyaknya bergejolak.
  8. Masukkan potongan daging ayamnya ke dalam penggorengan berisi bumbu diatas dan aduk aduk sampai daging ayamnya empuk dan matang.
  9. Kalau ayam belum empuk, bisa ditambahkan sedikit air. Jangan sampai daging ayam dan bumbunya lengket di penggorengannya.
  10. Cek dan koreksi rasa. Tambahkan garam kalau diperlukan kemudian aduk-aduk lagi sebentar.
  11. Matikan api dan pindah ke piring sajian.

Selesai sudah cara membuat ayam sambal ijonya. Cukup mudah bukan dan praktis bukan. Selain itu, resep ayam sambal ijo diatas bisa langsung dinikmati bersama sepiring nasi putih yang masih hangat. Kita tidak perlu lagi repot repot membuat sambal lagi untuk teman makan ayamnya. Untuk menambah kelezatannnya, saat menikmati resep masakan ayam cabai ijo diatas bisa ditambah dengan beberapa irisan timun segar, daun kemangi dan kol. Untuk ide resep masakan enak lainnya, silahkan mencobaresep ayam rica-rica khas bumbu Manado. Buat teman teman yang suka bebek, Resep Bebek Madura Bumbu Spesial ini juga wajib dicoba lho.